Selasa, 02 April 2013

Biografi Musik Metal

== Underground Metal: 1980, 1990, dan 2000-an ==
===== Thrash metal dan Speed metal =====
{{Utama|Thrash metal|Speed metal}}
[[Berkas:Slayer, The Fields of Rock, 2007.jpg|jmpl|ka|250px|Band Thrash metal bernama [[Slayer]] tampil pada tahun 2007]]

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm ''Downstroke'' pada Thrash metal oleh band-band seperti [[Metallica]], [[Megadeth]], [[Slayer]] dan [[Anthrax]] yang dijuluki [[Big Four Of Thrash]]. Di San Francisco ada [[Testament]] dan [[Exodus]] di New Jersey ada [[Overkill]] dan [[Sepultura]] dari [[Brazil dalam musik|Brazil]]. Sedangkan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), [[Iron Angel]], [[Anthrax (band)|Anthrax]]. Sedangkan musik Thrash metal yang berasal dari Eropa adalah seperti, [[Kreator]] dan [[Destruction]], keduanya dari negara Jerman.

===== Death metal =====
{{Utama|Death metal}}
Pada tahun 1990'an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti [[Grindcore]] dipelopori oleh [[Napalm Death]] dan [[Brutal Truth]], berkembang pada 1991 menjadi Death metal Scandinavia oleh [[Entombed]], [[Dismember]], [[Unleashed]], dan [[At The Gates]]. [[Melodic Death metal]] yang berasal dari [[Gothenburg]] Swedia lalu berkembang di [[Finlandia]] dan [[Norwegia]] oleh band-band seperti [[Arch Enemy]], [[Dark Tranquillity]], [[Disessction]]. Kemudian ada istilah yang digunakan yaitu Techical metal di pioniri oleh [[Cynic]], [[Atheist]], [[Meshuggah]], [[Death (grup musik)|Death]].
[[Progressive Death metal]] yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak menggunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah [[Opeth]], [[Pestilence]], Death, Novembre dan mungkin [[Progressive metal]] oleh [[Dream Theater]], Queensryche, dan Fates Warning.

===== Black metal =====
{{Utama|Black metal}}
Aliran ini muncul sekitar awal dan pertengahan tahun 1980-an, yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti [[Venom]], [[Hellhammer]], [[Celtic Frost]], dan [[Bathory]]. Pada akhir 80-an band [[Mayhem]] dan [[Burzum]] mengarah kedalam black metal gelombang kedua.

===== Power metal =====
{{Utama|Power metal}}
[[Power metal]] adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh [[Rob Halford]], Yanuar andaris dan [[Bruce Dickinson]] band-band genre ini kebanyakan dari Eropa & asia. Misalnya, [[Europe (band)|Europe]] ([[Swedia]]),Tumenggung heavy metal (indonesia),  Iron Maiden ([[Britania Raya dalam musik|U.K]]), [[Helloween]] ([[Jerman dalam musik|Jerman]]).

===== Doom Metal dan Gothic metal =====
{{Utama|Doom metal|Gothic metal}}
Doom Metal adalah aliran yang lebih mengutamakan penekanan lirik, dengan tempo yang dibawah rata-rata subgenre Extreme Metal lainya aliran ini terinspirasi oleh Black Sabbath era pertama, band yang termasuk aliran ini contohnya adalah Saint Vitus, Obsessed dan Candlemass. Gothic Metal adalah evolusi Doom Metal, awal genre ini adalah munculnya band-band Death/Doom dari inggris yaitu [[My Dying Bride]], [[Paradise Lost]], [[Anathema]], band Gothic Metal sekarang banyak mengandalkan harmoni antara vocal pria dan wanita (kadang-kadang dengan growl).

=== 90'an ===
Pada era 90'an musik Heavy Metal mulai digoyang oleh munculnya kekeuatan Alternative Rock khususnya Grunge, band-band Glam Metal pada era 80'an mengalami penurunan popularitas, publikasi pada saat tersebut mentitik beratkan pada Grunge. Sementara itu band-band seperti Metallica, Pantera, Tool, White Zombie dan Megadeth menjadi ujung tombak keberadaan musik metal saat tersebut.

==== Alternative metal ====
[[Alternative metal]] adalah salah satu subgenre metal yang paling populer di awal [[1990-an|90'an]]. ketika popularitas Glam Metal mulai tenggelam akibat kemunculan Grunge pada akhir 80an. Alternative Metal digunakan untuk mendeskripsikan band-band seperti Faith No More, Primus, Rage Against The Machine dan Jane's Addiction yang mengfusikan Alternative Rock dan heavy metal, jadi akar genre ini adalah rock.

Selain itu ada [[Industrial metal]] yang diprakasai band seperti [[Ministry]], [[Godflesh]], [[Fear Factory]] dan [[Marilyn Manson]]. Industrial metal juga tumbuh pesat di Jerman. band seperti [[Rammstein]] ,[[Oomph!]], [[Megaherz]] meraih popularitas yang cukup tinggi baik di negara asalnya dan juga dataran eropa.
Lalu ada [[Punk Metal]] atau [[Crossover Thrash]] adalah percampuran Trash Metal dengan element-element kental dari [[Hardcore Punk]]. [[Suicidal Tendecies]], [[Stromtroopers of Death]], [[Corrosion of Conformity]] dan [[Dirty Rotten Imbeciles]] adalah sebagian band yang mengusung genre ini. Kemudian ada [[Groove Metal]], adalah evolusi dari genre [[Trash Metal]] yang muncul awal 90'an genre ini digawangi oleh [[Pantera]], [[Sepultura]], [[White Zombie]] dsb.

[[Nu Metal]], Genre alternative metal yang terakhir adalah metal modern yang bermain dengan nada Industrial. Banyak band-band dari [[Korn]], [[Slipknot]], [[Limp Bizkit]], [[Deftones]] hingga [[Disturbed]].Tahun 90an banyak bermunculan band-band yang menggawangi istilah Nu Metal ini seperti POD, Static X, KoRn, dsb yang jelas bergenre Aggro Rock,genre Aggro Rock ini lah yang merupakan musik Nu Metal yang selama ini kita dengar atau kenal hingga sekarang, record label / media mengganti nama "Aggro Rock" dengan istilah New Metal atau Nu Metal untuk menarik pasar.awalnya label Nu Metal ini dicetus oleh seorang produser bernama Ross Robinson yang kerja sama korn & limpbizkit.

=== Grunge ===
Tahun [[1990-an]] ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah percampuran kental antara Heavy Metal dan Post-Punk bahkan Hardcore bermunculan di [[Seattle, Washington|Seattle]], walaupun sedikit cenderung ke [[Alternative Metal]]. Band Grunge dari Seattle, seperti [[Nirvana (band)|Nirvana]], [[Soundgarden]], [[Pearl Jam]], dan [[Alice in Chains]] sebelum band itu ada sebenarnya [[pure grunge]] yang berbasis [[punk]] sudah ada oleh band-band seperti [[Malfunkshun]] dan [[Green River]] setelah itu ada [[Temple of the Dog Mad Season]], [[Mudhoney]] sampai [[Melvins]]. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti [[Skin Yard]] dan [[PJ Harvey]]. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi [[Post-Grunge]] seperti [[L7]], [[Stone Temple Pilots]], [[Paw (band)|Paw]], [[Hole (band)|Hole]].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar