Selasa, 02 April 2013

Biografi Musik Rock And Roll Bag II

== Periode awal rock and roll Amerika Utara (1953-1963) ==
Rock and roll muncul di saat ketegangan rasial di Amerika Serikat timbul ke permukaan. Orang Afrika-Amerika mulai memprotes [[segregasi rasial]] di sekolah dan fasilitas umum. Pada waktu itu, rock and roll yang memadukan unsur musik orang kulit putih dan unsur musik Afrika-Amerika juga tidak luput dari kecaman. Pada tahun [[1954]], Mahkamah Agung AS menolak doktrin ''[[separate but equal]]'' (terpisah tapi sejajar) dan sejak itu dimulailah perjuangan persamaan hak orang kulit berwarna di Amerika Serikat.

[[Louis Jordan]] and His Tympany Five menyebut istilah "rock and roll" dalam versi lagu "Tamburitza Boogie" yang direkam [[18 Agustus]] [[1950]] di kota New York. Sebelum Louis Jordan, pemusik lain juga sudah menggunakan istilah "rock and roll" pada rekaman mereka, misalnya "Rock and Roll Blues" yang direkam Erline Harris. Pada tahun 1948, Wild Bill Moore sudah merekam lagu berjudul "Rock And Roll", begitu pula Paul Bascomb yang menggunakan judul yang sama pada tahun 1947 untuk materi lagu berbeda. Pada tahun 1922, [[Trixie Smith]] bahkan sudah menulis lagu berjudul "My Man Rocks Me with One Steady Roll." Pada tahun [[1916]], kata "rock and roll" sudah disebut-sebut dalam lagu "The Camp Meeting Jubilee" yang direkam artis-artis yang bernaung di bawah label rekaman [[Little Wonder Records|Little Wonder]]. Lirik lagu yang dinyanyikan para penyanyi tersebut berbunyi, "''We've been rocking and rolling in your arms, in the arms of Moses''".

Seorang DJ bernama [[Alan Freed]] (alias Moondog) mengadakan konser rock and roll yang pertama pada [[21 Maret]] [[1952]] di Cleveland. Konser yang diberi nama "The [[Moondog Coronation Ball]]" dihadiri penonton dan pemusik tanpa mengenal perbedaan warna kulit. Konser terpaksa dibubarkan setelah baru satu lagu dibawakan di atas panggung karena situasi tidak terkendali. Ribuan penggemar berusaha mendesak masuk ke arena yang tiketnya sudah terjual habis. Konser ini membuka mata industri rekaman akan adanya minat orang kulit putih terhadap musik orang kulit hitam, dan minat ini tidak terbatas pada genre musik [[rhythm and blues]] saja. Rintangan ras dan prasangka yang masih kuat di AS ternyata tidak mampu mengatasi kekuatan [[ekonomi pasar]]. Rock and roll sukses besar di Amerika Serikat, gelombangnya terbawa Lautan Atlantik hingga ke Inggris dan melahirkan gerakan musik [[British Invasion]] pada tahun 1964.

Sejak dilahirkan pada awal dekade 1950-an hingga awal tahun 1960-an, musik rock and roll ikut melahirkan dansa gaya baru. Anak-anak muda merasakan ritme ''backbeat'' rock and roll yang tidak monoton sangat cocok untuk menghidupkan kembali dansa gaya [[jitterbug]] yang sempat populer di era ''big band''. Demam pesta dansa rumahan dan dansa ''[[sock-hops]]'' di ruangan senam melanda remaja Amerika. Anak belasan tahun dengan setia mengikuti acara musik [[American Bandstand]] yang dibawakan [[Dick Clark]] di televisi agar bisa mengikuti gerakan dansa dan gaya busana paling mutakhir. Sejak pertengahan tahun 1960-an, istilah "''rock and roll''" menjadi cukup disebut "rock". Sejak itu pula secara berturut-turut muncul berbagai genre dansa, mulai dari [[twist]], [[funk]], [[disco]], hingga [[house music|house]] dan [[techno]].

=== Rockabilly ===
{{Utama|Rockabilly}}
Pada tahun 1954, [[Elvis Presley]] merekam lagu hit "That's All Right (Mama)" di studio Sun milik Sam Phillips di Memphis. Elvis memadukan unsur-unsur musik rock dan country-western yang disebut rockabilly. Ciri khas rockabilly adalah gaya vokal seperti orang tersedak bernyanyi, betotan bas, dan permainan gitar bagaikan sedang kejang-kejang. Elvis adalah musisi rock pertama yang meraih status superstar.

[[Berkas:Elvis_Presley_promoting_Jailhouse_Rock.jpg|200px|right|thumb|Elvis Presley dalam "Jailhouse Rock" (1957) ]]
Pada tahun berikutnya, [[Bill Haley & His Comets]] dengan lagu hit "[[Rock Around the Clock]]" bagaikan mempercepat tempo penyebarluasan musik rock and roll. Lagu ini menjadi salah satu lagu hit terbesar dalam sejarah musik. Anak-anak belasan tahun secara histeris menyerbu konser-konser Bill Haley and the Comets hingga terjadi kerusuhan di beberapa kota. Lagu "Rock Around the Clock" bahkan dijadikan lagu pembuka di film ''[[Blackboard Jungle]]'' yang menandai awal kerjasama saling menguntungkan antara dunia film dan musik rock and roll. Setelah film dirilis tahun 1955, rekaman "Rock Around the Clock" ikut laku keras, padahal penjualan lagu ini biasa-biasa saja ketika rekaman baru diedarkan pada tahun 1954.

Lagu "Rock Around the Clock" merupakan lagu rock and roll pertama yang mencapai puncak tangga lagu di Amerika Serikat untuk beberapa minggu, sekaligus pembuka jalan bagi lagu-lagu lain bergenre rock and roll. Di negara-negara seperti [[Britania]], [[Australia]], dan [[Jerman]], lagu ini mendapat sambutan luar biasa di kalangan anak-anak muda. Di Australia, perusahaan rekaman [[Festival Records]] mengedarkan singel "Rock Around the Clock" dan menjadi rekaman paling laku di Australia pada waktu itu. Pada tahun [[1957]], [[Jerry Lee Lewis]] dan [[Buddy Holly]] menjadi pemusik rock pertama yang melakukan tur ke Australia. Peristiwa ini menandai ekspansi rock and roll sebagai fenomena global. Pada tahun yang sama, Bill Haley ikut melakukan tur ke Eropa dan memperkenalkan rock 'n' roll di benua Eropa.

=== Rekaman ulang ===
Sepanjang akhir tahun [[1940-an]] dan awal [[1950-an]], dunia musik R&B diwarnai ''beat'' yang lebih kuat dan gaya yang lebih liar. Gaya bermusik seperti ini diwakili pemusik seperti [[Fats Domino]] dan [[Johnny Otis]]. Tempo dipercepat dan jumlah pukulan pada ''backbeat'' ditambah hingga akhirnya musik mereka menjadi populer di rumah minum yang disebut [[juke joint]]. Sebelum adanya Alan Freed dan DJ yang sealiran, musik orang kulit hitam masih tabu bagi stasiun radio orang kulit putih. Walaupun demikian, pemusik dan produser rekaman yang cerdas mulai menyadari potensi musik rock and roll sebagai lahan bisnis yang menguntungkan, dan berlomba-lomba mengeluarkan lagu orang kulit hitam yang dimainkan kulit putih. Di lain pihak, pemusik kulit putih menjadi jatuh cinta pada jenis musik ini dan sedapat mungkin memainkannya dalam setiap kesempatan. Lagu-lagu hit di periode awal Elvis, seperti "That's All Right", "Baby, Let's Play House", "Lawdy Miss Clawdy", dan "Hound Dog" adalah lagu-lagu yang pernah dibawakan orang berkulit hitam.

Pada masa itu, pemusik berkulit putih beramai-ramai merekam ulang lagu-lagu yang pernah dibawakan musisi berkulit hitam. Peluang melakukan rekaman ulang (''cover version'') terbuka lebar dengan adanya pasal tambahan [[Wajib Lisensi]] (''compulsory license'') dalam [[Undang-undang Hak Cipta Amerika Serikat]]. Menurut ketentuan yang terus berlaku hingga sekarang, rekaman yang pernah dibawakan orang lain boleh direkam ulang dan dijual bila memenuhi syarat-syarat tertulis. Salah seorang pemusik dengan rekaman ulang yang sukses adalah [[Wynonie Harris]] dengan "Good Rocking Tonight". Lagu ini sebelumnya pernah dibawakan [[Roy Brown]] dengan gaya [[jump blues]], tapi diubah menjadi gaya rock. Pada saat bersamaan, penyanyi pop berkulit putih juga ikut-ikutan membawakan lagu-lagu R&B milik penyanyi berkulit hitam. Sebaliknya, penyanyi kulit hitam juga merekam ulang lagu milik penyanyi kulit putih. Wynonie Harris membawakan lagu penyanyi kulit putih, [[Louis Prima]] berjudul "Oh Babe" pada tahun 1950. [[Amos Milburn]] ikut membawakan "Birmingham Bounce" dari [[Hardrock Gunter]] yang disebut-sebut sebagai salah satu rekaman rock and roll pertama dari artis berkulit putih.

Pemusik kulit hitam turut diuntungkan dengan pemusik kulit putih yang memainkan lagu-lagu mereka. Lagu-lagu dari pemusik kulit hitam menjadi terkenal, walaupun ada juga pihak yang bersuara sumbang akibat berkurangnya pendapatan atau mempermasalahkan keaslian lagu-lagu tersebut. [[Pat Boone]] merupakan salah satu penyanyi yang pernah dikritik karena pernah merekam lagu-lagu [[Little Richard]] dengan gaya datar-datar saja. Setelah dimainkan pemusik berkulit putih, lagu-lagu asli dari pemusik kulit hitam ikut menjadi populer, dan mulai diputar di radio-radio. Little Richard sempat menyapa Pat Boone yang hadir sebagai penonton dan memperkenalkannya sebagai "laki-laki yang membuatku jadi jutawan."

Versi rekaman ulang tidak selalu merupakan imitasi mentah-mentah dari versi pemusik kulit hitam. Bill Haley mengubah lagu "Shake, Rattle and Roll" menjadi lagu yang energetik dan cocok dipakai berdansa anak muda. Lagu aslinya yang dibawakan Big Joe Turner justru bercerita tentang cinta orang dewasa dengan nada rasisme dan humor. Selain itu, gaya vokal Etta James yang tegar dan sarkastik dalam "Roll With Me, Henry" diubah Georgia Gibbs menjadi riang dan penuh semangat. Judulnya pun diganti menjadi "Dance With Me, Henry" agar lebih cocok bagi pendengar yang tidak tahu lagu ini dulunya merupakan lagu balasan untuk "Work With Me, Annie" oleh [[Hank Ballard]].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar