Rabu, 03 April 2013

Biografi Stevie Ray Vaughan

           
            Stephen Ray "Stevie" Vaughan - biasa disebut sebagai SRV - (3 Oktober 1954 - 27 Agustus 1990), adalah gitaris Amerika, penyanyi, dan penulis lagu. Vaughan memenangkan beberapa penghargaan Grammy selama masa hidupnya dan secara anumerta, termasuk 'Best Rock Instrumental Performance' dan 'Best Contemporary Blues Album'. Delapan belas pekerjaan Vaughan album telah dirilis  Vaughan terinspirasi untuk bermain gitar oleh kakaknya, Jimmie Vaughan,. Dan dipengaruhi oleh gitaris seperti Jimi Hendrix dan Buddy Guy. [2] Setelah beberapa tahun sebagai sideman dalam dan di sekitar Austin, Vaughan membentuk band Double Trouble, dengan siapa dia membuat empat album studio yang sukses dan membangun reputasi sebagai salah satu gitaris terkemuka di dunia blues. Dia mencatat dengan Fender Stratocaster, dengan beberapa gitar dibuat dalam penghormatan kepada Vaughan, termasuk Signature Stratocaster  dan replika Mulai terkenal bernama "Lenny". Pada tahun 1986, setelah bertahun-tahun penyalahgunaan zat alkohol dan kokain, ia menghabiskan waktu sebulan di rehabilitasi narkoba, dan tetap bersih dan sadar selama empat tahun terakhir hidupnya, sampai kematiannya pada tahun 1990 dalam kecelakaan helikopter.tragis kematian-Nya pada tahun 1990 hanya menekankan pengaruhnya di blues dan rock & roll Amerika. Lahir dan dibesarkan di Dallas, Vaughan mulai bermain gitar sebagai seorang anak, terinspirasi oleh Jimmie kakak. Ketika ia masih di bangku SMP, ia mulai bermain di beberapa band garasi, yang kadang-kadang mendarat pertunjukan di klub malam setempat. Pada saat dia berusia 17 tahun, dia telah keluar dari sekolah tinggi untuk berkonsentrasi pada bermain musik. band nyata pertama Vaughan adalah Kobra, yang bermain klub dan bar di Austin pada pertengahan tahun 70-an. Setelah kematian kelompok itu, ia membentuk Triple Threat pada tahun 1975.
Triple Threat juga menampilkan Jackie Newhouse bassis, drummer Chris Layton, dan vokalis Lou Ann Barton. Setelah beberapa tahun Texas bermain bar dan klub, Barton meninggalkan band pada tahun 1978. Kelompok ini memutuskan untuk terus melakukan dengan nama Double Trouble, terinspirasi oleh lagu Otis Rush dengan nama yang sama, Vaughan menjadi vokalis band. Untuk beberapa tahun ke depan, Stevie Ray Vaughan dan Double Trouble memainkan daerah Austin, menjadi salah satu band paling populer di Texas.
Pada tahun 1982, band ini memainkan Montreux Festival dan kinerja mereka telah menarik perhatian David Bowie dan Jackson Browne. Setelah kinerja Double Trouble, Bowie meminta Vaughan untuk bermain di album mendatang, sementara Browne menawarkan kelompok rekaman waktu luangnya di studio di Los Angeles, Downtown, keduanya yang menawarkan diterima. Stevie Ray meletakkan gitar lagu untuk apa menjadi Mari Bowie album Tari pada tahun 1982 akhir. Tak lama kemudian, John Hammond, Sr mendarat Vaughan dan Double Trouble kontrak rekaman dengan Epic, dan band ini merekam album debutnya dalam waktu kurang dari seminggu di Downtown. Album debut Vaughan, Texas Banjir, dirilis pada musim panas 1983,beberapa bulan setelah Let's Bowie's Dance muncul. Alone, Let's Dance diperoleh Vaughan cukup sedikit perhatian, tapi Texas Banjir ini sukses blues blockbuster; memperoleh tanggapan positif di kedua blues dan publikasi rock, mencapai nomor 38 pada grafik, dan menyeberang ke stasiun radio rock album. Bowie ditawarkan Vaughan peran gitaris untuk tur stadion 1983, namun ia menolak, lebih suka bermain dengan Double Trouble. Vaughan dan Double Trouble berangkat tur sukses dan cepat merekam album kedua mereka, Can't Stand Cuaca, yang dirilis pada Mei 1984.
Album ini lebih berhasil dari pendahulunya, mencapai nomor 31 di tangga lagu, pada akhir 1985, album emas pergi. Double Trouble ditambahkan keyboardist Reese Wynans pada tahun 1985, sebelum mereka merekam album ketiga mereka, Soul ke Soul. Album ini dirilis pada bulan Agustus 1985 dan telah juga cukup berhasil, mencapai nomor 34 di grafik. Meskipun karir profesionalnya itu melambung, Vaughan telah tenggelam jauh ke dalam alkoholisme dan kecanduan obat. Meskipun kesehatannya menurun, Vaughan terus mendorong dirinya sendiri, merilis album Live Alive live ganda pada bulan Oktober 1986 dan meluncurkan sebuah tur Amerika yang luas pada tahun 1987 awal. Setelah tur, Vaughan check in di sebuah klinik rehabilitasi.
Ketika gitaris dalam rehabilitasi tetap terjaga tenang, dan untuk tahun berikutnya Stevie Ray dan Double Trouble cukup aktif. Vaughan membuat sejumlah konser pada tahun 1988, termasuk headlining manggung di New Orleans Jazz & Heritage Festival, dan menulis album keempatnya. Perhatikan bahwa yang dihasilkan, Pada Langkah, muncul pada bulan Juni 1989 dan menjadi album paling sukses, memuncak pada nomor 33 pada tangga lagu, memenangkan Grammy untuk Best Contemporary Blues Recording, dan emas akan lebih dari enam bulan setelah rilis. Pada musim semi tahun 1990, Stevie Ray merekam sebuah album dengan saudaranya Jimmie, yang dijadwalkan untuk rilis pada musim gugur tahun ini.
Pada akhir musim panas 1990, Vaughan dan Double Trouble ditetapkan dalam tur headlining Amerika. Pada tanggal 26 Agustus 1990, East Troy, WI, manggung mereka menyimpulkan dengan selai encore yang menampilkan gitaris Eric Clapton, Buddy Guy, Jimmie Vaughan, dan Robert Cray. Setelah konser, Stevie Ray naik helikopter ke Chicago. Menit setelah lepas landas 12:30 nya pagi, helikopter jatuh, membunuh Vaughan dan empat lainnya penumpang. Dia hanya 35 tahun. gaya Keluarga, duet album Stevie Ray dengan Jimmie, muncul pada bulan Oktober dan masuk tangga lagu di nomor tujuh. Keluarga Gaya memulai serangkaian rilis anumerta yang populer sebagai Vaughan dirilis selama hidupnya.Sky Apakah Menangis, koleksi disensor studio yang disusun oleh Jimmie, dirilis pada bulan Oktober 1991, tetapi masuk tangga lagu di nomor sepuluh dan pergi platinum tiga bulan setelah rilis. Pada awalnya, sebuah rekaman konser Double Trouble pada tahun 1980, dirilis pada musim gugur 1992 dan kompilasi Greatest Hits dirilis pada tahun 1995. Pada tahun 1999, album asli Vaughan adalah remaster dan diterbitkan kembali, dengan The Real Deal: Greatest Hits, Vol. 2 tahun juga muncul. 2000 melihat rilis dari kotak SRV empat-disk, yang sangat terkonsentrasi di disensor, pertunjukan live, dan langka. ~ Stephen Thomas Erlewine, All Music Guide


Pada tanggal 22 Februari 2000, Vaughan telah ditunjuk untuk menjadi Blues Hall of Fame di Washington, DC, menjadi salah satu dari hanya 79 pemain untuk mencapai predikat.Ia juga memenangkan beberapa WC Handy Awards, selama hidupnya dan anumerta, termasuk Entertainer of the Year dan instrumentalis of the Year pada tahun 1984.Pada tahun 2003, ia menduduki peringkat 7 dalam daftar Rolling Stone 100 Greatest Guitarist Sepanjang Masa [8] Classic Rock Majalah peringkat.dalam daftar mereka dari 100 Guitar Heroes terliar pada tahun 2007.
Dengan berhasil nya bermain gitar mengherankan, Stevie Ray Vaughan blues memicu kebangkitan di era 80-an. Vaughan menarik bersama-sama dari bluesmen seperti Albert King, Otis Rush, dan Muddy Waters dan pemain rock & roll seperti Jimi Hendrix dan Lonnie Mack, serta gitaris jazz liar seperti Kenny Burrell, mengembangkan gaya eklektik yang unik dan berapi-api yang terdengar tidak seperti gitaris lain , terlepas dari genre. Vaughan menjembatani kesenjangan antara blues dan rock tidak seperti artis lainnya sudah sejak akhir 60-an. Selama tujuh tahun ke depan, Stevie Ray terkemuka cahaya di blues Amerika, konsisten terjual habis konser sementara albumnya secara teratur pergi emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar