Selasa, 02 April 2013

Biografi Yngwie Malmsteen

Yngwie Malmsteen menjadi terkemuka di pertengahan 1980-an untuk komposisi teknis musik metal dan neo-klasik.
Malmsteen dilahirkan pada tanggal 30 Juni 1963,di Stockholm, Swedia.Ia adalah anak pertama dalam keluarga musisi yang bertalenta.Lahir dan diberi nama Lars Johan Yngve Lannerbäck,namun pada saat berumur 10 tahun ia membubuhi nama belakangnya dengan nama depan ibunya yaitu "Malmsteen".Mulai saat itulah kamu mengenal nama Yngwie hingga seperti saat ini.

Ia terinspirasi untuk memainkan gitar ketika Saat umur 7 tahun, dimana ia menonton sebuah berita di televisi tentang kematian Jimi Hendrix.Mulai setelah itu nama Malmsteen seakan terlahir.
Yngwie membentuk band pertamanya pada saat berumur 10 tahun dengan nama "Track On Earth" dengan teman satu sekolahnya sebagai drummer. Saat masih remaja ia menjumpai musik dari abad ke-19 ,violin virtuoso Niccolò Paganini, dan itulah yang menjadikan pengaruh terbesar dalam musik klasiknya.
Akhir tahun 1982 Malmsteen dibawa ke Amerika Serikat oleh Mike Varney dari Shrapnel Record, yang telah mendengar kaset demo permainannya. Kemudian ia mengeluarkan album self-titled di tahun 1983, kemudian Alcatrazz,di tahun 1984 album Live Sentence.
Malmsteen merilis album solo pertamanya di tahun 1984 dengan judul Rising Force, dengan mengikut sertakan seorang Drummer, Barrie Barlow of Jethro Tull.
Dalam Album Rising Force ini ia memenangkan the Guitar Player Magazine's award for Best Rock Album dan album ini juga menjadi nominasi untuk Grammy for 'Best Rock Instrumental' dan tergabung dalam #60 kategori the Billboard album chart.
Album berikutnya Marching Out ditahun (1985),kemudian ditahun 1986 rilis album ketiganya berjudul Trilogy, bersama seorang vokalis bernama Mark Boals.
Pada tahun 1987 Malmsteen mengalami kecelakaan mobil yang cukup serius, yang mengakibatkan ia mengalami koma selama seminggu.Lebih menyedihkannnya lagi dimana ia masih menjalani masa perawatannya di rumah sakit, justru ibunya meninggal akibat penyakit kanker.
Pada musim panas 1988 ia kembali merilis album yang ke empat,yang berjudul Odyssey. Tak lama kemudian di tahun 1989 ia kembali merilis album kelimanya yang berjudul Trial by Fire.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar